Selamat Pagi, Siang, Sore dan
Malam kapanpun kalian baca cerita ini :D disini aku bakal nyeritain
perjalananku sebagai seorang siswa SMA yang bercita – cita untuk diterima di
PTN. Yah sudah rahasia umum kalau biaya di PTN bisa lebih murah sehingga bisa
meringankan orang tua. Untuk mendapatkannya memang tidak semulus yang
dibayangkan tetapi semoga cerita ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi
kalian terutama pelajar yang sedang menduduki bangku SMA .
"SMA Negeri 1 Purbalingga"
Perkenalkan namaku Bagas Anindito
salah satu siswa SMA Negeri 1 Purbalingga lulusan tahun 2016. Aku lahir di
Purbalingga 18 November 1998. Banyak mungkin yang ngga tahu Purbalingga daerah
mana kan? Nahh biar gambar yang menjelaskan.
“Ini Patung Panglima Besar Jend.
Soedirman di tengah kota Purbalingga. Yapp Purbalinggalah kota kelahiran
beliau”
By the way, cita – citaku sejak
SMP adalah menjadi dokter (SD boro – boro mikir cita-cita wkwk) karena faktor keluargaku terutama ibu dan mbah
putriku yang seorang perawat. Mereka selalu menginginkan aku menjadi dokter.Tapi
mau dibilang “cita-citaku” juga agak aneh karena sejujurnya di lubuk hati ku
yang kecil aku ga bisa ngebohongin kemampuanku, karena aku lebih menyukai
matematika ketimbang biologi. Lantas gimana akhir dari pertentangan ini?
Langsung saja kita ke TeKaPe!
Kelas X dan XI (Flat Period)
Selama
di kelas X dan XI aku belajar seperti orang pada umumnya. Belajar kalau mood
aja dan pas kalau mau ada ulangan. Harus
pake Sistem Kebut Semalam (Malam ini belajar sampai larut buat ulangan
besoknya) . Sekali belajar paling lama tahan ya 1 jam habis itu main game .
Entahlah, tapi aku enak – enak aja sama sistem ini dan nilaiku juga lumayan buatku,
walaupun aku tahu kalau di kelas XII nanti ada UN dan SBMPTN (Seleksi Bersama
Masuk PTN ) aku ga akan bisa bertahan buat nghafalin materi yang se abreg
dengan sistem SKS. Dimana kita harus ngehafalin tabel periodik kimia, rumus
fisika kuantum, integral, trigonometri, limit fungsi, kingdom monera, protista,
siklus krebs, sistem hormon, sistem syaraf bahkan sampai ke replikasi DNA yg
paling kecil. Tuh kan baru baca judul materinya aja udah pusing wkwk. Pfft andai
aja kalau otak itu folder dan materi itu file, bisa kali yaa tak copy terus ku
paste.
Kelas XII ( The War is Begin !)
Kayaknya
baru kemarin di MOS in udah naik ke kelas XII aja nih wkwkw. Di kelas XII inilah
aku memulai genderang perang ! mengasah ‘pisau’ untuk berjuang mendapatkan PTN
Favorit . Tapi ga jauh – jauh dari itu aku harus ngehadepin dulu sesuatu yang
menjadi momok bagi siswa kelas XII SMA di Indonesia . Yak! UN. Yah walaupun
nilai UN ga menentukan kelulusan di tahunku sih tetapi nilai UN dipakai untuk
SNMPTN guys (SNMPTN itu jalur undangan masuk PTN). Nah lho malah tambah ngeri
kan wkwk.
Jujur
semester 1 dikelas XII aku belum terlalu memikirkan UN dan masih fokus sama
nilai rapor karena aku kepengin banget diterima lewat SNMPTN biar nanti ga usah
belajar lagi pas SBMPTN. Di pikiranku
pas itu “Gila kali ya , dengan waktu yang sedikit kita kudu belajar dan
mendalami banget materi 3 tahun lalu buat SBMPTN?! Amit amit jangan sampaii” .
Oh ya sekedar info buat adik – adik yang baru naik ke kelas XII, jangan kaget
kalau temen kalian yang dulu pas istirahat biasa makan bareng di kantin jadi
lebih make waktu istirahatnya buat belajar. Yang biasa pulang sekolah main dulu
jadi langsung pulang ke rumah, belajar kelompok bareng atau ke bimbel. Pokoknya it’s totally different ! . Yapp
semuanya pasti akan sadar pada waktunya dan iniliah waktunya. Banyak banget yang jadi niat sekolah buat
kejar rapor semester 5 nya karena SNMPTN menuntut grafik nilai dari semester 3,
4 dan 5 itu naik dengan nilai yang bagus. Bahkan temenku bilang “Aku kerasa
belajar di sekolah kayaknya cuma pas semester 5 aja deh wkwkw ” “Lahh kemarin
ngapain ajaa bro ? “ “Kebanyakan main si, ngehabisin masa – masa SMA bareng temen-temen bro” .It’s okayy,ga ada
salahnya juga si kita mau ngehabisin masa SMA buat asik-asikan bareng temen, asal
kita mau tanggung jawab sama tugas utama kita yaitu belajar.
“Jangan lupakan tugas utama kita di sekolah itu belajar ya
guys”
Lucky to know you #ciye
Oke balik ke topik, singkat
cerita aku udah masuk semester 2. Pertama kalinya aku menemukan cara belajar
paling revolusioner yaitu Zenius. Ah gila, kenapa ga dari dulu ya ketemu Zenius.
Ketemu Zenius inipun karena ga disengaja ketika aku lagi gundah sama materi
evolusi. Salah satu tutor biologi dari Zenius, Kak Prasdianto, upload video
tentang materi evolusi di Youtube dan ini worth banget buatku karena setelah
nonton itu aku langsung nangkep apa yang namanya konsep evolusi. Bahkan setelah
aku review lewat buku catatanku aku baru tahu “Ooh jadi kemarin pak itu
njelasin kayak ginian... Oooo ya ya” dan boom besoknya nilai UH evolusi mantap jiwa wkwk.
Kayaknya materi evolusi itu
kelihatan banyak tapi dengan belajar lewat zenius kita ga disuruh ngehafalin,
tapi “PAHAMI KONSEPNYA”. Yapp itu kuncinya, terus penyampaiannya juga gaul
banget sih jadinya buat kita ga bosen untuk belajar lewat zenius ini. Pokoknya
Zenius recommended banget buat kalian yang pengin belajar dengan suasana yang
lebih menyenangkan dan dijamin lebih gampang mudengnya. Materi – materinya juga ga Cuma UN tapi ada
SBMPTN bahkan kumpulan soal + pembahasan jalur masuk Universitas ternama kayak SIMAK
UI, UTUL UGM dan USM STAN juga ada
disini. Eitss ga cuma itu, masih banyak cerita yang lebih berkesan saat aku belajar
degan zenius. Lanjut scroll guyss!
Balik ke topik kelas XII. Kalau
udah jadi siswa kelas XII pasti ga akan asing lagi sama namanya sosialisasi
PTN. Yapp alumni SMA ku yang keterima dari PTN berlomba – lomba datang ke SMA
untuk mensosialisasikan PTN nya. Ada yang dari ITB , UGM, IPB, UNS, UNNES, UNY,
UNSOED, UI, bahkan dari kedinasan seperti STAN dan STIS pun datang lengkap
dengan jaket almamaternya. Dalam hati “Wuahhh pasti bangga banget bisa make
gituan yak” . Pas itu aku ngincer FTI-ITB karena aku suka banget sama
matematika yang kupikir bisa pas sama teknik, ya walaupun aku diem – diem si
karena mbah putri dan ibuku pengin aku supaya masuk Kedokteran UNS. Hingga suatu hari aku bilang aku pengin
teknik, hasilnya aku ditolak mentah – mentah dengan beribu alasan. Sakit??!
Jelas!,tapi aku harus yakin restu orang tua itu terpenting, jadi aku memilih 1 pilihan di SNMPTN yaitu Kedokteran UNS .
Sambil nunggu SNMPTN aku juga
ikut Try Out yang diadakan organisasi mahasiswa di daerahku. TO yang aku ikuti
ada 3 yaitu TO STAN, TONAMPTN ITB, dan TO UTUL
UGM. Dan Puji
Tuhan hasilnya tidak mengecewakan , tetapi aku masih belum puas dengan pencapaianku
sehingga belajar semaksimal mungkin tetap harga mati (Alay mode : on). Setelah
masa-masa TO sudah terlewati akupun fokus dengan UN. Dengan voucher Zenius yang
kubeli di Indomaret , aku maksimalkan persiapanku menuju UN (Kalau yang mau
tahu alur membeli voucher Zenius bisa klik link ini ) . Semangatt 45
pokoknya ! wkwk.
Dengan waktu yang tinggal beberapa bulan aku harus ngehafalin
semua materi yang udah aku pelajari dari kelas X, XI dan XII. Itu impossible
banget kalau aku harus ngerangkum satu – satu terus aku baca ulang – ulang.
Fyuhh keburu udah UN wkwkwk. Beruntung ada Zenius, bisa dibilang masa itu
adalah masa dimana tiada hari tanpa Zenius, karena sehabis pulang sekolah ya
buka Zenius, kalau makan sambil dengerin Zenius, malamnya belajar pake Zenius,
bahkan nih kalau tidur terus bangunnya pagi banget aku sempetin buat nonton
video pembelajaran di Zenius. Zenius berhasil buat aku addict banget sama yang
namanya BELAJAR >.< , rasanya itu belajar jadi hal yang nyenengin dan
kepengin lagi dan lagi. Ga kayak dulu lagi yang kalau belajar harus kumpulin
mood dulu buat belajar. Keburu habis waktunya –“. Terlebih ketika kita diajarin
supaya ngerti KONSEP guys. Rasanya hafalan itu jadi lebih mudah.
Ujian Nasional
“Ini Jadwal UN nya. Puji Tuhan dulu aku kebagian sesi 2. Ga pagi banget, ga
siang banget., enak pokoknya wkwkwk .
Akhirnya
hari itu pun datang. Yapp UN ! . Kebetulan UN tahun ini sekolahku menggunakan
CBT dan syukurlah hingga hari terakhir semuanya berjalan lancar. Kalau boleh
cerita soal UN tahun ini tergolong sulit guys >.< katanya karena ada soal titipan dari
Universitas. Aku ngerasa pesimis banget di materi Kimia, Biologi sama
B.Inggris. Tapi aku mencoba untuk meyakinkan diri “Bagian ku sudah ku tuntaskan
biarlah Tuhan yang menyempurnakan.”
7 Mei 2016 . Ya, hari dimana hasil UN diumumkan.
Semua siswa dikumpulkan per kelas di kelas masing-masing dan kemudian wali
kelas satu per satu membagikan hasil UN. “Sebelum membagikan hasilnya, saya
akan memberi pengumuman untuk peraih nilai UN terbaik di SMA Negeri 1
Purbalingga terlebih dahulu . Ibu sungguh bangga karena tahun ini peraih nilai
UN tertinggi ada di kelas ini” . (Ekspresi penasaran mode : On). “Peraih nilai UN tertinggi adalah.....
Bagas Anindito”.
Waaahh, sontak sekelas pun
bertepuk tangan dan mengucapkan selamat. Puji Tuhan :’D engga nyangka
perjuangan selama ini melalui Zenius bisa membuahkan hasil yang maksimal.
Serasa mimpi padahal banyak selain aku yang lebih mampu untuk bisa meraih yang
terbaik. Bahkan setelah tahu aku juga menjadi peraih UN terbaik se Kabupaten aku
pun pulang dan memeluk kedua orang tuaku. Aku yakin semua ini berkat dukungan
doa kedua orang tuaku.
SNMPTN itu..
Saat wisuda pun tiba yaitu
tanggal 9 Mei 2016. Kebetulan aku dapat info pengumuman SNMPTN yang tadinya
tanggal 10 Mei 2016 di majukan menjadi tanggal 9 Mei 2016 jam 12 siang. Aku pun
tidak sabar untuk menunggu pengumuman itu .
Saat
wisuda selesai, bapakku mencoba login ke situs SNMPTN untuk mengecek hasil
pengumuman. Namun gagal berkali – kali karena banyaknya user yang mengakses
website tersebut. Kemudian mencoba lagi dan akhirnya hasil SNMPTN itu keluar...
“Bagas tetap semangat ya kamu harus berjuang lagi di SBMPTN”
sebuah kalimat yang pertama kali terucap oleh bapakku. Deg! Seketika badanku
lemas, aku ga percaya ini terjadi . Ngga mungkinn,ini ngga mungkin. Perasaanku
seolah menolak fakta bahwa aku gagal. Bagaimana jadinya nanti ketika aku
ditanya “Bagas keterima dimana?” “Eh gimana SNMPTNnya Gas ? “ . Bagaimana nanti
kalau temen-temenku bilang “Lulusan terbaik si, tapi belum dapet kuliah”. Malu,
sedih dan terpuruk, 3 kata yang menggambarkan keadaanku saat itu.
Dengan diumumkannya 71 orang yang diterima lewat SNMPTN aku jadi
ngerasa bodoh dan sempat marah sama Tuhan karena merasa aku diperlakukan tidak
adil.
The Rising Period
Jika engkau jatuh satu-satunya jalan keluar yang terbaik adalah
bangkit ! Beberapa hari setelah kondisiku sudah normal kembali, aku mencoba
bangkit dengan mempersiapkan SBMPTN. Aku beli voucher zenius yang 3 bulan
dengan alasan apabila aku tidak keterima di SBMPTN aku tetap bisa memakai
zenius untuk UM Univ yang jadwalnya setelah SBMPTN. Di pikiranku cuma 1
“Pokoknya kali ini aku harus berjuang mati-matian untuk mengejar SBMPTN dan
Ujian Masuk yang lain.” Karena aku tahu seharusnya untuk belajar SBMPTN tidak
bisa hanya belajar beberapa bulan. Seharusnya justru 1 tahun sebelumnya. Sehingga
aku harus bertanggung jawab untuk itu .
Saat itu aku juga mendaftarkan diri di suatu bimbel untuk
memanfaatkan try out dan supaya aku bisa melihat sejauh mana kemampuan
pesaing-pesaingku di SBMPTN. (Mengetahui lawan sangatlah penting karena SBMPTN
bukan hanya soal materi, tetapi soal mental) . Selebihnya aku mengutamakan
Zenius untuk review materi dan latihan soal. Semua materi IPA , Matematika,
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris hingga Potensi Akademik ada di Zenius semuanya
itu dilengkapi dengan soal untuk latihan lengkap dengan pembahasan yang jelas.
Inget , Zenius ga ngajarin cara cepet atau rumus cepet tapi Zenius ingin merubah mindset kita supaya
dalam kita belajar kita harus menguasai konsep . Sekali lagi konsep. Lewat
konsep mau soalnya dibolak-balik , dijungkir balikin kayak gimana kita masih
kebayang buat ngerjainnya.
Sejak saat itu hari – hariku hanya kulakukan dengan belajar,
belajar dan belajar. Parahnya aku sempet jadi anti sosial . Why?? Ya karena aku
malu dengan diriku sendiri , aku malu harus bilang apa ketika ditanya “Sudah
kuliah dimana mas Bagas?” . Tapi semua
itu ga ngebuat aku putus asa, aku justru menjadi lebih giat lagi untuk belajar.
By the way, siasatku saat itu ga cuma di materi, bahkan hal
teknis pun aku pelajari. Dengan adanya blog – blog yang ditulis kakak tutor di
Zenius, itu semua sangat membantu perjuanganku. Semua isinya sangat bermanfaat.
Ada juga artikel yang membahas tentang tips dan cara – cara untuk mengerjakan soal
SBMPTN, persen materi tertentu yang sering keluar di SBMPTN dan yang paling penting
semuanya itu dijelaskan dengan jelas menggunakan fakta (tabel & grafik).
Sehingga mudah untuk diterima. Oh ya aku tidak cuma mengikuti SBMPTN aku pun
mencoba mengikuti Ujian Masuk lain. Semua materi yang diujikan hampir setara dengan
SBMPTN jadi ibaratnya sekali mendayung, 2 3 pulau terlampaui.
No
|
Nama Ujian
|
Tanggal Pelaksanaan (Tahap 1 – 2 – 3)
|
1.
|
USM STAN
|
15 Mei 2016 - 2 Juni 2016 – 21 Juni 2016
|
2.
|
SBMPTN
|
31 Mei 2016
|
3.
|
UM UNDIP
|
4 Juni 2016
|
4.
|
UM UGM
|
5 Juni 2016
|
15 Mei 2016.
TPA dan TBI PKN STAN. Tes pertama yang aku ikuti adalah USM
STAN. Soalnya ga sebegitu susah try out SBMPTN tapi waktunya itu yang kurasa kurang
. Bayangin aja 120 soal 100 menit dan ada bacaan B.Indo yang panjangnya 1
halaman . Beuh Mantap!
25 Mei 2016
Pengumuman TPA dan TBI PKN STAN. Puji Tuhan aku lolos STAN
tahap 1 :D .Waktu seminggu aku gunakan untuk persiapan diri tes kesehatan dan
kebugaran. Sebenernya harusnya sebulan si baiknya, aku termasuk yang nekat latihan
cuma seminggu wkwk. Jadi setiap pagi dan sore aku gunakan untuk lari, lari dan
lari.
31 Mei 2016
SBMPTN pun tiba. Dengan semua persiapan SBMPTN yang aku
jalanin aku percaya diri sama kemampuanku. Namun setelah soal dibagikan, dan
lihat sekilas lihat soal Matem IPA. Byarr aku sempet ngalamin bego sekejap.
(Bego Sekejap : Ketika tiba-tiba rumus-rumus yang udah dihafalin ga kebayang
sama sekali T.T) . Sempet kaget liihat soal SBMPTN 2016 yang bener” berbeda banget sama tahun
sebelumnya. Tingkat kesulitannya lebih tinggi menurutku.
Akhirnya aku kerjain semampuku. Aku kerjain yang aku yakin
dan semua tips dari Zenius aku pake buat ngehadepin nih soal. Semua yang aku
dapet dari zenius aku coba pakai buat ngerjain soalnya walaupun jujur cuma
beberapa soal aja yang aku yakin bener. Rasanya udah ga karu-karuan karena
saingan targetku (Kedokteran) pasti nilainya pada tinggi-tinggi semua. Selesai
tes, ortu tanya “Gimana tesnya?” , “Pak Bu makan siang dulu aja hayukkk” :’(
Sedihh rasanyaa kalau ngebayangin soal SBMPTN 2016.
Di titik ini aku
mulai pesimis sama hasil SBMPTN dan aku mulai fokus buat yang lain.
2 Juni 2016
Tes kesehatan dan kebugaran PKN STAN. Sebelumnya ini aku
nginep di rumah saudara selama hampir seminggu buat ikut tes STAN, UNDIP sm UGM
yang memang berurutan gitu :D. (Makasih yaa Bude Lis sama Mba Nia) . Di tahap
ini pertama aku di tes kesehatan dari mata, tensi, penyakit dalam dsb. Setelah
dapat keterangan sehat dari dokter yang mengecek, 1 regu di bawa ke lapangan
buat ikut tes lari 12 menit sama shuttle run. Puji Tuhan target min 6 putaran
tercapai (Dapet 7 putaran).
4 Juni 2016
UM UNDIP. Sebenarnya agak ga sreg si kemarin daftar ini
karena ada SPI alias uang pangkal yang jumlahnya beuhh mantap pokoknya wkwk.
Jadi UNDIP jadi cadangan terakhir kalau aku ga keterima dimana – mana. Tes
UNDIP ga sesulit SBMPTN, cuma setelah tes selesai dan aku kerjain ulang, aku
baru nyadar kebanyakan kurang teliti ngerjainnya T.T
5 Juni 2016
UM UGM. Soalnya hampir setingkat sama UNDIP cuma UGM agak di
atasnya. Hampir sama kayak UM UNDIP setelah selesai tes , aku cek lagi kebanyakan aku kurang
teliti , padahal soalnya itu soal yang aku bisa kerjain dan fix ini fatal banget >.<
15 Juni 2016
Pengumuman Tes
Kesehatan dan Kebugaran PKN STAN. Puji Tuhan bisa lanjut ke tahap 3 a.k.a TKD :D . Mulai hari itu sampai seminggu
kedepan yang bakal dihadepin cuma UUD 45 dan rangkuman materi 4 pilar yang
bejibun banyaknya nyiahaha. Untung masih keinget konsep ngehafal materi
hafalannya zenius wkwk. Sangat membantu buat anak-anak IPA yang mau belajar
materi IPS :D. FYI, TKD yang satu ini bukan kayak TKD SBMPTN atau UM lainnya,
tapi TKD CPNS yang materinya tentang 4 pilar kebangsaan.
21 Juni 2016
TKD CPNS PKN STAN. Pertama kali masuk BDK (Balai Diklat Keuangan) Jogja tempat
aku tes ternyata di halaman depan udah ada TV besar yang nayangin nilai kita
secara live. Jadi pas kita lagi tes di dalam ruangan, orang tua yang pada
nungguin didepan udah bisa lihat nilai kita secara langsung. Deg! Nah lo, deg
degan nggak? .
Setelah masuk ruang tes dan ngerjain soalnya.... jeng jeng,
kebanyakan soal UUD yang keluar bukan UUD 45 eh malah soal – soal UUDS 50 .
Nangis batin nih rasanya :’( . Tapi at least aku coba selesain semampuku . Pas
waktu udah habis *jebret* nilai TKD muncul dan jujur itu ga memuaskan banget. Yang
biasanya kalau latihan di rumah bisa dapet 400+ (maks nilai 500) , pas itu aku
dapetnya 360 . Temen-temenku yang lain pada dapet 370+ . Bahkan kebanyakan
temenku kaget “Lho gas deneng dapetnya segitu?” . Rasa malu , menyesal dan
pengin ngulang lagi campur jadi satu. Udah SBMPTN ga bisa ngerjain , UM UNDIP
sm UGM ga teliti dan Tes TKD STAN ga maksimal. Sampai aku mikir “Pupus udah
harapanku bisa keterima di pilihan 1 (D3 Pajak)” . Namun, disaat terpuruk kayak
gitu aku salut orang tua dan sahabatku tetep support “ Ga perlu menyesal,
bersyukur udah bisa lolos passing grade. Kita udah kerjain bagian kita jadi
biarkan Tuhan yang menyempurnakan”. Amin :’D
Setelah ikut tes yang berurutan kayak mau antri BLT akhirnya
waktu gabut dirumah pun tiba. Jangan bayangin gabut disini itu aku bakal
liburan dan asik – asikan bareng temen terus hangout bareng ke cafe. Gak sama
sekali ! T.T . Yah gitu deh , dirumah aja dan kepikiran terus sama hasilnya
nanti gimana. Kira – kira kalau ga diterima mau daftar UM mana lagi >.<
apa malah kudu nganggur 1 tahun dulu . Ahhh Intinya ini adalah masa depresi
jilid 2 lah .
Saat yang dinanti
Selasa 28 Juni 2016 pukul 14.00 WIB - Pengumuman SBMPTN
Hari itu dirumah cm ada bapak sm adikku krn ibu pas itu ga
bisa cuti kerja. Dari pagi kita udah siap laptop buat pantau website SBMPTN. 2
laptop sekalian malah biar kalau satu error langsung pindah yang lain.
Sebenernya pas itu aku pesimis banget dan udah mulai kacau sampai sampai aku
mulai search yang aneh-aneh kayak “Kisah
– kisah kegagalan di SBMPTN” . Deg! . Depresi ini memuncak kayaknya >.< .
Namun sahabatku bilang supaya berdoa aja dan tetep percaya diri. Akhirnya aku
ke kamar dan terus – terus berdoa dan pasrahin semua hasilnya sama Tuhan. Aku masih inget pas itu 1 jam sebelum pengumuan, aku dan sekeluarga doa
bersama semoga diberikan yang terbaik .
Selepas itu aku udah
fokus terus didepan layar laptop. Hingga akhirnya...3 .....2.... 1. Rundown selesai!.Website
pengumuman SBMPTN udah bisa diakses. Langsung aku masukin nomer sama tanggal
lahirku. Dan.. *jebret* aihhh server
error, langsung dah pindah laptop satunya. Setelah berhasil login hasilnya
langsung keluar...
.
.
.
.
.
.
Kyaaa Puji Tuhan aku lolos FK UNS :’D . Ga nyangka , seneng dan
terharu campur jadi satu. Bener – bener masa – masa yang menegangkan , dan ini
lebih daripada naik roller coaster . Aku bersyukur banget bisa keterima di FK
UNS :’D dan semua ini berkat Tuhan. It’s
absolutely God’s Gift. Bersyukur rasanya akhirnya bisa punya pegangan meskipun
aku masih nunggu pengumuman UNDIP, UGM dan PKN STAN.
1 Juli 2016 -
Pengumuman UNDIP, UGM dan PKN STAN
Hari itu 3 pengumuman sekaligus diumumin secara berurutan
mulai dari UNDIP – UGM – PKN STAN. Bener – bener kayak rapelan pengumuman
nyiahaha. Pokoknya sehari itu kerjaannya cuma mantengin laptop aja smbil
nungguin pengumuman keluar. Walaupun udah dapet FK UNS tapi nunggu pengumuman
dari ketiga 3 PTN ini ga berarti udah ga penting lagi. Sama aja deg-deg an cuma
kadarnya ga semaksimal pas SBMPTN >.<.
Oke pengumuman yang paling gasik itu UNDIP, diumumin pas
habis waktu sholat Jum’at. Tek tungguin didepan laptop sampe akhirnya jam saat
itu nunjukin jam 1 siang lebih beberapa menit. Aku buka website UNDIP. Masukin
no pendaftaran dan tanggal lahir dan...
.
.
.
.
.
.
Puji Tuhan bisa keterima di Teknik Kimia UNDIP :D walaupun pilihan 1 FK nya ngga dapet tapi
udah bersyukur bisa lolos pilihan 2 J.
Oke tinggal nunggu yang UGM sama PKN
STAN nya :D.
Jam 20.00 WIB (Pengumuman UGM) . Bersyukur 2 kali pengumuman
bisa lolos semua J
dan akhirnya pengumuman UM UGM pun tiba. Udah siap – siap semangat banget buat
cari tahu hasilnya dan...
.
.
.
.
.
.
GAGAL!
Deg! . Aku ga lolos satupun di UGM. 3 Jurusan yang aku pilih
ga ada satupun yang nyangkut. Rasa euforia kemarin dan siang tadi bener – bener
maakjleb diturunin ke titik nadirnya. Yah mungkin bukan takdirku di UGM , so
tetep bersyukur apapun hasilnya J
.
Jam 24.00 WIB (Pengumuman PKN STAN). Sebelumnya Pengumuman PKN STAN mau diumumin tanggal 29 Juni
tapi diundur jadi 1 Juli karena isunya ada tambahan kuota dari 3650 jadi 4000an
karena panitia dari STAN nya ga nyangka kalau nilai yang didapet sama peserta
tahun ini tergolong tinggi, akhirnya kuotapun ditambah. Seneng juga si
dengernya, tapi sedih juga kalau keinget nilai TKD yang Cuma 360 T.T huaaa.
Oke kembali ke topik.Pas itu udah malem banget dan yang
terjaga cuma aku. Bapakku yang semangat banget nungguin pengumuman akhirnya
ketiduran juga. Udah mikir ”Tidur aja kali ya, di pengumumannya si tanggal 1
Juli tp sampe hampir tengah malem belum keluar keluar ini pengumuman.”
Akhirnya iseng-iseng buka grup FB Gerbang STAN, dan ga
sengaja ada yang post “Link pengumuman USM STAN 2016 blablablabla” . Buset!, udah
diumumin ternyata. Disini aku ga langsung ngabarin keluarga tapi aku cek
hasilnya sendiri karena udah penasaran banget sama hasilnya. Linknya kebuka dan ku coba buat scrol ke bawah – bawah.
Pelan-pelan, dan ternyata masih nama dengan huruf depan A . Terus scrol lagi.
Duh ngelag dan malah ga kebuka page yang huruf B. Beuh kayak gini nih yang nambah
dramatis T.T . Sampe akhirnya kebuka juga, langsung scrol cek nama dan....
.
.
.
.
.
.
Puji Tuhan dapet D3 Pajak :’D bener – bener ga nyangka bisa
dapet D3 Pajak karena sebelumnya udah pesimis duluan sama nilai TKD nya. Setelah tahu itu, aku langsung mbangunin bapakku yang masih tidur dan bilang “Puji Tuhan D3 Pajak
STAN Pak” . “Whaaa selamattt gass”.
Alhasil sekeluarga bangun semua gara-gara denger bapakku teriak gini wkwk.
Seusai semua pengumuman di umumkan,
aku harus memilih 1 PTN di antara Kedokteran UNS, Teknik Kimia UNDIP dan D3
Pajak STAN. Kalau kalian baca dari awal pasti masih inget kalimat ini :
--- By the way, cita – citaku
sejak SMP adalah menjadi dokter karena faktor keluargaku terutama ibu dan mbah
putriku yang seorang perawat. Mereka selalu menginginkan aku menjadi dokter.Tapi
mau dibilang “cita-citaku” juga agak aneh karena sejujurnya di lubuk hati ku
yang kecil aku ga bisa ngebohongin kemampuanku, karena aku lebih menyukai
matematika ketimbang biologi. ---
Nah, pada akhirnya aku memilih
untuk memantapkan hati di kampus Ali Wardhana karena menurutku mengabdi untuk negara adalah
sebuah pilihan yang mulia. Puji Tuhan ternyata ibu dan mbahku merestui aku buat kuliah di
STAN J .
Bener – bener pengalaman hidup
yang berharga. Aku bersyukur ga diterima lewat jalur undangan (SNMPTN). Aku
jadi bisa ngerti kalau bangkit dari keterpurukan itu bukan suatu hal yang
instan. Semuanya butuh proses dengan doa dan usaha yang keras. Tidak semuanya
itu berjalan baik sesuai kehendak kita. Namun percayalah rencana dan skenario
Tuhan adalah yang terbaik buat hidup kita .
--------------
Itu tadi ceritaku bisa dapet
triple kill bareng zenius #mwahahaha :D Thank’s banget Zenius udah bisa ngajarin
rasa belajar yang sesungguhnya. Terutama
buat kak Glenn yang udah ngasih tips – tips belajar yang mantep banget pokoknya wkwk.
Oh iya, boleh dong kak buku Pale Blue Dot by Carl Sagan nya nyiahaha #kalaumenang. Terima kasih :)







Kisah yang luar biasa.........semangat, semoga bisa menjadi inspirasi bagi pelajar SMA/SMK yang bertekad melanjutkan ke perguruan tinggi.Dan hidup adalah perjuangan, serta penuh persaingan.....Hanya orang-orag yang tanggh dan tidak putus asa yang bisa meraih SUKSES.
BalasHapusSemua sudah tercipta yang terbaik, dan semua ada makna dibalik penciptaan. Kita sebagai Insan manusia hanya bisa berdoa, berusaha, Tuhan yang menetepkan. Semangat mas bagas, Hasil pasti selaras dengan proses. Ayo generasi muda bergerak, dan terus bergerak demi kemajuan Negara kita. Mari berkarya melalui proporsi masing-masing.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSemua itu sudah diatur Tuhan, So jangan takut atas semua kegagalan itu dibalik kegagalan ada keindahan yg disimpan Tuhan untuk kita, pilihlah universitas dan jurusan sesuai hati serta restu orang tua, semangat dan sukses terus untuk mendapatkan kesuksesan
BalasHapustulisanya menarik sekali,bagus dan feeling motivated mas bagas.. dishare ke adik2 kelasnya biar ikut termotivasi hehe.
BalasHapuskeep posting๐๐๐
Kisah yang luar biasa. Salam hebat!!!
BalasHapusKisah yang luar biasa. Salam hebat!!!
BalasHapusKisah yang luar biasa. Salam hebat!!!
BalasHapusInpiratif, semoga akan muncul Bagas selanjutnya....
BalasHapusInpiratif, semoga akan muncul Bagas selanjutnya....
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSelamat dan sukses
HapusSelamat dan sukses
HapusLuar biasa benar-benar cerita yang sangat inspiratif bagi anak2 yang ingin maju...apapun kita harus menjalaninya dengan sepenuh hati,apa yang terjadi semua adalah sudah menjadi kehendak Yang Maha Kuasa...Yakinlah...janji Allah "Kan indah pada waktunya " selamat ya mas Bagas salut dengan apa yang telah dilalui...sungguh cerita yang sangat bagus...lanjutkan terus perjuanganmu jalan terbentang luas untukmu,kembangkan sayapmu raih citamu, dan sukses selalu untuk mas Bagas
BalasHapusSPI undipnya yang 30/40?
BalasHapusyang 30 jt
Hapushai mau tanya, buat yang stan kamu belajar di zenius juga? trs pilihan paket untuk yang stan apa aja ya?
BalasHapuspaket zenius yg setahun.di situ lengkap
Hapus